Menikmati Sudut 360° San Francisco dari Puncak Bukit Kembar, Twin Peaks

Wednesday, December 13, 2017



Saya paling suka melihat pemandangan dari ketinggian. Entah itu dari puncak gunung, dari atap gedung, atau dari atas bukit. View suatu tempat rasanya jadi berlipat-lipat indahnya jika dilihat dari tempat tinggi. Makanya sekarang drone booming banget kan? Kenapa? Because they can capture the beauty of places in new perspective.

Di Jakarta kita bisa naik ke Monas untuk melihat Sudut 360° kota Jakarta. Di New York, ada Empire State Building, di Tokyo, ada Tokyo Tower. Nah, San Francisco juga punya tempat asik untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian, Twin Peaks (Puncak Kembar) namanya. Ini salah satu tempat favorit saya dan suami di San Francisco loh. And I'm so glad to share it with you all :)

Tempat ini relatif belum terlalu terkenal di kalangan turis-turis. Tapi menurut saya,Twin Peaks wajib banget dimasukin ke dalam itinerary perjalanan bagi siapapun yang ke San Francisco. Di TripAdvisor aja reviewnya 4,5/5 bintang. Dari 5000 reviewer, lebih dari 4000 orang bilang “very good” dan “excellent”.

Menuju Twin Peaks

Jalanan berliku menuju Twin Peaks

Biarpun San Francisco termasuk kota dengan transportasi umum yang bisa diandalkan, tapi nggak ada satupun moda transportasi yang menuju ke Twin Peaks. Alternatifnya, kita bisa sewa Uber atau Lyft (aplikasi sejenis Uber). Atau menyetir sendiri dengan mobil sewa/mobil pribadi.

Jalan menuju Twin Peaks sudah sangat baik dan beraspal. Jadi mobil bisa lewat dengan mudah. Enaknya lagi, kendaraan bisa parkir tepat di atas bukit (pssst...bebas biasa parkir loh!). Wohooo...nggak perlu nanjak susah-susah, kita udah bisa liat pemandangan indah :D

Apa yang bisa kita lihat dari atas bukit ini? Wah.. banyaaaak.

Ngeliat ke arah utara, mata kita langsung dimanjakan dengan pemandangan Samudra pasifik dan pulau Alcatraz. Nengok ke Barat Laut, ada Golden Gate yang tetep keliatan gagah meskipun ukurannya mengecil karena dilihat dari jauh.

Golden Gate dari kejauhan. Image source: tripadvisor

Di sisi timur, ada bukit-bukit lain yang tiba-tiba muncul diantara gedung-gedung dan rumah-rumah (Sebagai informasi, San-Francisco punya sekitar 50 bukit, that's why). Yang jelas, mau ngeliat ke arah manapun, mata ini pasti ngeliat pemandangan indah. Literally, every directions!

Bukit yang dikelilingi oleh bangunan

Another hills in San Francisco

Kalau mau dapet pemandangan yang lebih spektakuler lagi, kita bisa naik ke atas bukit yang satunya. Kali ini, kita nggak bisa pakai mobil. Tapi nanjak bukit yang kedua ini nggak susah kok. Sekitar 10-15 menit, kita udah bisa sampai ke puncak.

Biaya Masuk

Nggak bayar alias gratis! Hoho. Kalau di kota lain, ngeliat view kayak gini biasanya bayar looooh (karena naiknya ke menara/gedung).

Saya ngeliat banyak banget rombongan turis asal Indonesia yang kesini pakai paket tour. Padahal ke twin peaks ini relatif gampang (menurut saya dan suami) dan nyaris nggak ada biaya.

Yang perlu diketahui sebelum ke Twin Peaks


  1. Pilih waktu yang tepat. San Francisco itu kota yang terkenal dengan fog (kabutnya). Kalau cuaca sedang berkabut, bisa-bisa kita gagal ngeliat pemandangan indah dari atas bukit ini.
  2. Di atas bukit, sama sekali nggak ada shelter atau pun tempat indoor. Jadi misalnya hujan, ya kita sama sekali nggak ada tempat untuk berlindung.
  3. Bawa jaket! Tau kan, makin tinggi tempat, anginnya juga makin dahsyat.
  4. Di atas bukit, nggak ada penjual makanan/minuman. Pastiin kita udah isi perut dulu atau bawa bekal kalau mau kesini.
  5. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cuma toilet umum (gratis) dan teleskop (berbayar).

***

Kalau kalian mau ke San Francisco, make sure to visit Twin Peaks (selain ke Golden Gate tentunya). Jangan lupa sharing cerita kalian disini yaaa :)

You Might Also Like

1 comments

  1. Cakepnya tuh pemandangan bukit di kelilingi rumah-rumah ... kayak sketsa lukisan.
    Kebetulan pula warna cat rumahnya dominan warna putih, jadi makin terlihat kece.

    ReplyDelete

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas