Moms Talk: KB Implant/Susuk (Implant Birth Control) - Review Pemakaian 6 Bulan

Wednesday, July 27, 2016



Note: cerita ini ditulis berdasarkan pengalaman saya menggunakan KB implant di 6 bulan pertama. Saya menyarankan pembaca untuk meluangkan waktu sejenak membaca review saya yang terbaru setelah pemakaian selama 2,5 tahun. Ternyata ada banyak perubahan dan efek samping yang baru saya rasakan setelah pemakaian jangka panjang. Mau tidak mau, pendapat saya terhadap KB ini pun berubah.

Untuk membaca tulisan tersebut, silakan klik tautan ini. Happy reading!

Baca juga: Review Penggunaan KB Implan Setelah 2,5 Tahun

Pengalaman Melepas KB Implan, Begini Prosedurnya

***

Hi moms, kali ini saya mau memberikan sharing mengenai pengalaman saya menggunakan KB jenis impant/susuk. Saya mengangkat topik ini karena sepertinya masih jarang orang Indonesia yang menggunakan alat kontrasepsi ini. Sebelum saya memutuskan untuk memakai KB ini, saya sempat mencoba googling mengenai pengalaman dari mommy lain yang memakai KB implant, tapi waktu itu informasinya masih susaaaah sekali ditemukan. Oh iya, KB impant sendiri adalah KB yang bentuknya seperti batang korek api, kemudian disuntikkan ke salah satu lengan. Alat kontrasepsi ini memproduksi hormon progestin, yang mencegah keluarnya sel telur serta menghalangi sperma mencapai sel telur.

Honestly, dulu sebelum nikah, saya nggak kepikiran sama sekali tentang KB dan nggak tertarik untuk cari tau juga. Paling saya cuma pernah denger tentang KB spiral dan pil. Itu pun tau gara-gara denger obrolan ibu saya sama ibu-ibu lain. Ternyata...masalah KB ini memang cukup memusingkan. Apalagi setiap jenis KB memiliki tingkat keberhasilan dan efek samping yang berbeda.


Setelah merasakan hamil dan melahirkan, baru deh saya pusing mikirin KB. Saya memang ingin menunda memiliki anak kedua karena ingin fokus mengasuh anak pertama terlebih dahulu. Selain itu, saya masih perlu waktu untuk recover kondisi fisik dan mental pasca hamil dan melahirkan. Kehamilan saya yang pertama cukup sulit dan ada drama masuk rumah sakit segala. Nggak kebayang deh kalau saya harus hamil lagi dengan kondisi yang sama disaat si sulung masih butuh saya.

Kembali ke masalah KB implant/susuk, sebenernya saya agak ngeri denger namanya dalam Bahasa Indonesia. Entah siapa yang kasih nama KB susuk. Konotasinya negatif banget ya.. haha. Tapi KB jenis ini adalah KB yang paling direkomendasikan oleh dokter saya di Amerika Serikat (Selain IUD). KB ini tergolong aman dan efektif menunda kehamilan dengan angka keberhasilan 99% jika terpasang dengan benar.

Kenapa akhirnya saya memutuskan pakai KB ini? Pertama, KB ini efektif dan efisien. Cukup dipasang satu kali, bisa menunda kehamilan hingga 3 tahun. Beda dengan pil KB yang harus diminum rutin setiap hari. Orang kayak saya mah bisa dipastikan bakal kelupaan minum terus. Kedua, alat kontrasepsi ini diletakkan di lengan, jadi kalau mau tau KB nya terpasang dengan bener atau nggak, ngecek nya gampang. Tinggal diraba aja di permukaan lengan. Beda dengan KB spiral/IUD yang dipasang di alat genital. Biarpun saya belum pernah pakai KB jenis ini, tapi menurut saya mengeceknya akan lebih sulit, karena kita harus memasukkan jari yang bersih ke alat kelamin untuk memastikan benang IUD masih terpasang.

Metode Pemasangan

Merk KB impant yang saya pakai di Amerika ini adalah Nexplanon (Dulu disebut Implanon). Untuk di Indonesia sendiri saya kurang tau merk apa yang beredar. Metode pemasangannya seharusnya tidak jauh berbeda yaaa, silakan konsultasikan ke dokter masing-masing untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat ya moms.

Untuk merk Nexplanon seperti yang saya pakai, pemasangannya cepeet banget. Kurang dari dua menit. Saya sama sekali nggak nyangka akan secepet itu karena waktu itu saya bayanginnya bakalan ribet...kirain kulitnya bakal di sayat gitu karena kan stick nya ditaro di bawah kulit. Ternyata nggak loh... stick nya dimasukkan dengan cara disuntikkan ke lengan kita (setelah sebelumnya diberikan bius lokal). Untuk lebih jelasnya, bisa liat video di bawah ini ya (video bukan milik saya). Warning: Content might be disturbing for some people!



Setelah Pemasangan

Lengan saya diperban. Kata dokter perbannya jangan dibuka dan nggak boleh kena air untuk satu minggu. Selama satu minggu ini, lengan saya jadi kurang nyaman. Kerasa banget kalo ada benda asing dimasukkin ke bawah lengan. Kadang-kadang agak perih juga (tapi bisa ditoleransi). Setelah dibuka, tangan saya memar-memar warna ungu gitu (emang udah di kasih tau sama dokter).

Memarnya kurang lebih seperti ini (gambar bukan milik saya): Warning: Content might be disturbing for some people!


Image source: http://www.mumsnet.com/uploads/talk/201504/large-455923-image.jpg


Setelah memarnya betul-betul hilang, stick yang dimasukkan ke bawah kulit jadi terlihat jelas dan bisa diraba dengan mudah. Seperti ini tampilannya (gambar bukan milik saya): Warning: Content might be disturbing for some people!



Image source: http://amberlholt.blogspot.com/2012/03/implanon.html

Resiko dan Efek Samping:

Seperti alat kontrasepsi lain, Nexplanon tentu saja ada efek sampingnya. Untuk efek samping yang lebih lengkap, bisa dilihat langsung di website nya ya moms:
http://www.nexplanon.com/en/consumer/about-it/risks-and-side-effects/

Saya pribadi merasa bahwa efek samping yang saya rasakan cukup normal. Berkisar pada perubahan pola/siklus menstruasi. Saya sudah 6 bulan menggunakan Nexplanon (pemasangan satu bulan setelah melahirkan). Di bulan pertama, menstruasi saya menjadi lebih panjang. Total hampir dua minggu dan darah yang keluar juga lebih banyak. Setelah itu saya tidak mengalami menstruasi sama sekali selama 5 bulan (sampai tulisan ini ditulis). Jika fisik terlalu lelah, kadang muncul flek yang hanya berlangsung selama satu hari. Menurut review oraang-orang yang telah menggunakan Nexplanon, siklus menstruasi akan kembali seperti semula apabila implant dilepas.

Selain yang saya sebutkan di atas, saya tidak merasakan efek samping yang lain seperti jerawat, kenaikan berat badan dll (walaupun oleh Nexplanon kedua hal tersebut disebutkan dalam daftar efek samping). Aktivitas menyusui pun tidak terkendala sama sekali. Kuantitas ASI sama sekali tidak terpengaruh. Namun menurut informasi yang tertera di kemasan Nexplanon, pemasangan implant untuk ibu menyusui sebaiknya dilakukan satu bulan setelah bayi belajar dan lancar menyusui.


Overall Impression?

I'm satisfied with the product. karena saya memang mencari alat kontrasepsi yang efektif dan efisien. So far, this thing does the job. Sakit-sakit dan ngeri-ngeri di awal worth it lah menurut saya. Saya sadar kalau saya nggak bisa konsisten minum pil KB, dan nggak mau juga pakai alat kontrasepsi yang di pasang di alat genital, as I mentioned. 

Recommended Nggak?

Iya... buat orang-orang yang anti ribet kayak saya, pake Nexplanon ini pas banget! Tapi silakan konsultasikan ke dokter dulu ya, terutama kalo moms punya riwayat penyakit tertentu seperti kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, dll.

***

Semoga informasi dari saya bisa membantu moms yang lagi cari informasi tentang KB yaa.. 

Moms sendiri saat ini pakai kontrasepsi jenis apa? Efektif kah? Apa efek samping yang dirasakan? Bisa share disini :)

You Might Also Like

4 comments

  1. Mba ini ngaruh ke bb ga? Bikin bb naik g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi sih merasa kenaikan BB tdk signifikan mbak. Hanya 3kg selama hampir 3 tahun, itu pun sepertinya karena saya jarang gerak.. hehe. Tapi saya sudah hentikan pemakaian krn belakangan merasa tdk cocok dengan kb hormonal.. bisa dibaca di sini

      https://turseena.blogspot.com/2018/07/mom-talk-kb-implantkb-susuk-review.html?m=1

      Delete
  2. Saya udah pake sejak kelahiran anak pertama. Mulai pasang th 2015, th2017 lepas dan pasang baru lagi, alhamdulillah cocok, tahun pertama pemasangan siklus menstruasi agak terganggu, tapi setelah itu siklus menstruasi kembali normal. Kalau punya saya jarum yg dipasang ada 2 buah untuk 3 tahun pemakaian, makasih mbak. Infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. Saya baru pasang bbbrapa bulan ini Bun tapi udah 2minggu ini kenapa yah tangan kiri saya agak pegel pegel gitu apa efek dari KB ini ya bun??

    ReplyDelete

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas