5 Cara Mendidik Anak Hidup Sederhana - Belajar dari Papa

Friday, July 08, 2016


Sebagai orangtua, wajar rasanya jika kita berambisi ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. Some parents even take it to the whole new level: mau anaknya bisa menguasai banyak bahasa, memasukkan anaknya ke kegiatan after school yang mahal, mengenalkan anak dengan kegiatan membaca sejak usia dini, dll. Suatu hari, mungkin saya akan sampai ke tahap itu. Namun dari sekian banyak hal yang ingin saya terapkan ke anak saya, pendidikan hidup sederhana adalah salah satu hal yang menjadi prioritas.

Hidup sederhana yang saya maksud disini bukan berarti pasrah dengan hidup pas-pasan yaaa. Saya dan suami juga selalu berupaya agar keluarga kecil kami dapat menjadi keluarga yang mandiri dan sejahtera. But we promise that we will keep a simple and humble life as our core value. Betapapun berlimpahnya rejeki yang Tuhan kasih nanti, gaya hidup kami akan tetap sama dengan gaya hidup kami sekarang. Ini merupakan bentuk syukur kami. Dan ini juga yang akan kami terapkan ke anak-anak kami nanti.

Sekarang, anak kami masih bayi. Kami belum pusing mengajarkan konsep hidup sederhana. Tapi nantiii.. begitu anak kami memasuki usia remaja, kami bisa saja menghadapi tantangan klasik yang dihadapi orang tua lain : Anak ABG nya minta dibeliin gadget mahal dan canggih karena ngeliat temennya pakai gadget tersebut. Orangtua pada awalnya nggak mau beliin. Tapi kemudian anak merengek. Orangtua pun ngerasa kasian sama si anak. Orangtua hatinya meleleh. Kemudian orangtua beliin gadget yang anak idam-idamkan.


Klasik kan? Banget. Tapi kenyataannya memang banyak sekali anak/remaja yang merasakan peer pressure sehingga menuntut banyak dari orangtuanya. Jumlah orangtua yang pada akhirnya meleleh karena bujuk rayu anak juga nggak kalah banyak.

Bohong kalau saya bilang saya nggak deg-degan menghadapi skenario di atas di tahun-tahun mendatang. Tapi kemudian saya mengingat kembali pengalaman yang saya lewati di masa remaja, It was not easy for me as a teenager. Waktu itu, saya masuk ke kategori ABG ngeselin karena selalu nuntut ke orang tua untuk dibeliin gadget terbaru. Pengen marahin diri sendiri rasanya kalo inget kelakuan jaman dulu. Namun orang tua saya (khususnya papa) berperan sangat besar dalam membentuk pribadi sederhana yang saya miliki sekarang. Apa saja yang saat itu papa lakukan untuk mendidik saya?

***

1.  Be Strong! Kekuatan Hati Orangtua adalah Pondasi untuk Mendisiplinkan Anak

Alkisah jaman SMP, saya pingiiin banget punya hp Nokia 3310. Waktu itu hp ini IN banget. Paling keren di jaman nya. Saya ngerengek mau hp ini gimanapun caranya karena mau keren juga kayak temen-temen yang lain. Tapi bukannya beliin hp nokia 3310, papa malah beliin hp Nokia bekas dan jadul yang ada korek kupingnya (baca: antena). Saya maluuuu banget bawa hp ini ke sekolah. Tapi toh hp ini tetep saya pakai, biarpun jarang dikeluarin dari tas.

Di akhir masa SMP, hp dengan fitur kamera mulai menguasai pasar. Temen-temen saya pada update sama hp jenis ini. Sedangkan saya? Boro-boro, hp Nokia 3310 aja belum kesampean! Menjelang ulang tahun yang ke-15, saya bilang ke papa kalau saya mau dikasih hadiah hp yang ada kameranya. Di hari-H, papa beneran beliin hp, tapi (lagi-lagi) bukan seperti yang saya inginkan. Papa kado-in saya hp Nokia 2210, layarnya masih item putih. Fiturnya nggak beda jauh sama hp saya yang lama, cuma kali ini desainnya lebih bagus, Bukannya bilang terima kasih, reaksi saya waktu itu malah ngamuk! Persis kayak anak balita umur dua taun lagi tantrum.

Mungkin papa sendiri sudah lupa dengan kejadian hari itu. Namun saya masih ingat dengan jelas ekspresi papa yang dengan susah payah menahan marah dan memberikan pengertian kepada saya agar mau menggunakan hp yang baru diberikan. Agar saya tidak berlebihan dalam menginginkan sesuatu, agar saya berusaha terlebih dahulu sebelum mendapatkan yang saya mau. Saat itu, saya tentunya tidak bim salabim langsung paham dengerin ocehan dari papa. Saya tetap tantrum, tetap ngamuk! Tapi disisi lain, papa juga tetap teguh dengan pendiriannya.

Setelah sekarang saya menjadi orang tua dan banyak membaca referensi mengenai parenting, saya sadar, bahwa kekuatan hati orang tua adalah pondasi untuk mendisiplinkan anak. Dan saat itu, papa melakukan hal yang tepat untuk mendisiplinkan saya.

2. Pendekatan dengan Anak

Waktu saya kecil, image papa sangat horor di mata saya. Papa suka galak dan memukul/menjewer/menyentil kuping saya ketika marah. Akibatnya, saya males deket-deket sama beliau. Nasehat-nasehat baik dari papa sangat susah saya terima. Tapi semakin saya tumbuh besar, gaya parenting papa justru semakin lembut (mungkin saat itu papa juga masih belajar menjadi orang tua yang baik). Perubahan ini membawa dampak positif. Saya pun semakin dekat dengan papa. Sangat dekat. Karena itu juga, doktrin-doktrin baik mengenai hidup sederhana dari papa, jadi lebih mudah saya terima. Saya merasa seperti mendapat nasehat dari seseorang yang setara dengan saya, bukan dari orang tua ke anak.

3. Berikan Contoh

Selain nasehat verbal, papa juga sering memberikan contoh. He shows me, not tell. Papa apik banget ngerawat barang-barangnya, Mau itu barang murah, ataupun barang mahal. Sebagian baju-baju dan sepatu yang dia beli di Amerika sejak puluhan tahun lalu, masih terawat sampai sekarang. Kalau masih layak pakai ya belum beli barang yang baru. Kalau rusak, coba betulkan dulu. Papa sering bercanda sama saya. Katanya, baju/sepatu yang dia pakai adalah "kakak" saya, karena papa udah punya barang-barang tersebut dari sebelum saya lahir.

4. Kenalkan Anak dengan Tempat Belanja Alternatif

Kadang merk memang menandakan kualitas. Tapi nggak selalu! Misalnya, belanja kaos polos 100% katun di pasar Jatinegara sama kaos polos 100% katun di mall, bedanya apa? Nggak ada, kecuali di Jatinegara harganya lebih ramah dikantong. Saya tau karena papa sering banget ngajak saya jalan-jalan ke tempat belanja murah favoritnya. Kami sering shopping ke Pasar Senen dan Pasar Jatinegara. Jarang banget belanja di Mall. Salutnya, biarpun hunting barang di pasar, somehow penampilan papa tetep keliatan modis dan nggak pernah keliatan kayak lagi pake barang murah. He definitely has good eye for quality product. 

5. Tanamkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Papa mengajarkan saya pentingnya self confidence. Saya yang saat itu masih SMP, secara tidak sadar telah menjunjung tinggi pentingnya status symbol dan stratifikasi sosial. Merasa kalau saya pakai baju/sepatu/gadget tertentu, harga diri saya akan naik. Tapi saya beruntung punya papa yang pede nya selangit. Kepercayaan diri papa tidak pernah bergantung kepada benda yang dipakainya. Mau pake barang mahal/murah, pede nya tetep sama, Papa selalu memberikan saya suntikan percaya diri. Internal validation dari keluarga, sangat membantu saya melewati masa-masa galau SMP. Self worth, self love, all start with self. And I should stop looking outside of myself for my value.


***

So, hal apa saja yang ingin mom ajarkan ke anak? Apakah mom menjadikan pendidikan hidup sederhana sebagai prioritas? Adakah tips-tips menarik yang bisa diterapkan? Silahkan share disini :)

Semoga tulisan saya bermanfaat
Happy Parenting!



You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas