Wanita Karir jadi Ibu Rumah Tangga: Apa Rasanya?

Wednesday, June 22, 2016


Ini bukan postingan yang mau ngebanding-bandingin lebih mulia mana antara ibu rumah tangga (IRT) sama wanita karir yaa. Atau...lebih capek mana IRT vs Wanita karir? Saya udah bebel baca postingan yang begitu (Ngerti kan maksudnya postingan yang seperti apa). Lagian setiap keluarga punya latar belakang masing-masing, dan saya punya prinsip nggak mau nge judge pilihan orang lain.

Di postingan ini, saya mau sharing pengalaman, proses adaptasi dan masa transisi saya, dari seorang wanita karir ke Ibu Rumah Tangga (IRT) atau sekarang lebih nge-trend dengan istilah Stay at Home Mom (SAHM). Perubahan status pekerjaan ini tentunya berpengaruh besar terhadap kehidupan saya. Sebagai gambaran, sebelumnya saya bekerja di Kantor Pusat sebuah Bank Swasta di Jakarta. Saya masuk melalui jalur MDP (Management Development Program) yang katanya siiiih, lulusan dari program ini bakal jadi future leader nya perusahaan gitu (kedengerannya cool banget yah...hahaha). Gaji terakhir? Alhamdulillah. Saya bersyukur sekali dengan setiap lembaran rupiahnya. Apalagi saya suka denger curhatan temen seangkatan soal gajinya yang nggak naik-naik, saya masih lebih baik lah. Bisa disimpulkan, sebelum menjadi Ibu Rumah Tangga, saya sudah punya karir yang cukup nyaman.

Terus, kenapa tiba-tiba saya bisa jadi Ibu rumah tangga?


Dari yang saya lihat, pilihan mommy untuk menjadi wanita karir bisa disebabkan banyak hal. Ada yang karena mau membantu orang tua, membantu suami, mau mandiri secara finansial, sampai ke faktor anggapan masyarakat yang masih memandang wanita karir itu lebih keren dan pintar. Nggak mau dong ya, udah sekolah tinggi-tinggi, tau-tau diceletukin "lo cuma jadi IRT aja?".

Duluuu...saya juga nggak pernah kepikiran mau menjalankan profesi sebagai IRT karena kombinasi dari alasan-alasan di atas. Belum lagi, saya tipe orang yang suka mengejar prestasi. Waktu kuliah, target IPK saya 4 (Biarpun nggak pernah dapet 4, haha). Bener-bener niat banget belajar biar dapet penghargaan ini itu dari kampus. Pas kerja, maunya dapet promosi (ngarep!haha). Ambisi saya cukup tingi, biarpun dari luar muka saya keliatan lempeng-lempeng aja. Kalo jadi IRT, ambisi saya ini mau dilampiaskan kemana? Masa ke anak-anak saya?

Sampai suatu hari, saya ketemu suami saya sekarang. Sebelum nikah, dia udah bilang kalo dia lebih suka saya jadi IRT, supaya bisa mendidik anak-anak dari dekat. Waktu itu saya bilang.. "NOOOO". Itu bukan saya banget. Terus suami malah jawab dengan santainya "Kamu tau Ibu Ainun Habibie, kan? Dia wanita cerdas, dokter lagi. Tapi dia mendedikasikan diri buat keluarga, jadi Ibu Rumah Tangga".

Reaksi saya? Speechless! Cuma bisa bengong..haha. Tega banget suami ekspektasiin saya buat kayak Ibu Ainun. Butuh waktu berapa juta tahun sampai saya bisa kayak beliau? Saat itu saya tetep batu nggak mau jadi IRT. Untungnya suami nggak saklek banget. Dia masih bolehin saya kerja dan kejar apa yang saya mau, biarpun sebenernya dia lebih happy kalau saya di rumah aja.

Tapi jujur ya, dari obrolan sama suami itu, saya sempet kepikiran loh (kepikiran doang). Iya juga ya, Bu Ainun aja yang pinter banget begitu, dokter pula, mau mendedikasikan diri jadi IRT. Lah saya, pegawai bank aja belagu banget!

Laluu.. sepertinya semesta berkonspirasi dengan suami saya. Tidak berapa lama setelah menikah, Suami saya menerima beasiswa ke Amerika Serikat. Jadilah saya resign kerja, terus saya jadi IRT seperti yang suami saya idam-idamkan.

***

Masa Transisi

Setelah kecemplung jadi IRT, awalnya seneeeng... karena saya punya banyak waktu buat nonton Korea-korea-an. Everyday is me time! haha. Dimana susahnya jadi IRT kayak yang suka dikeluhin orang-orang? Tapi baru sebentar ngerasain kayak gitu, saya udah bosen. Ternyataaaaa...saya emang nggak suka diam di rumah aja tanpa bersosialisasi. Tapi masa-masa nggak suka nya ini cuma sebentar sih, yaitu di masa transisi saya, tepatnya ketika anak saya belum lahir (saya masih hamil waktu itu). Masa-masa transisi ini saya lewati di Amerika Serikat. Orang Indonesia disini tidak terlalu banyak. Yang seumuran saya pun bisa diitung pake jari. Mereka masih single dan aktif kuliah, cuma saya aja yang udah nikah, lagi hamil, dan diem di rumah. Circle of friend saya mengecil dengan drastis. Saya pun sempet ngerasa kesepian karena nggak ada temen ngobrol, diskusi, temen ber-haha-hihi, di topik yang saya minati. Saya kangen masa-masa di kantor yang bisa ketemu temen tiap hari, bisa diskusi hal-hal seru, ngomongin proyek dan deadline.

Kalau soal pekerjaan fisik IRT (nyapu, ngepel, masak, nyuci piring, nyuci baju, you name it), saya nggak terlalu banyak masalah ya (biarpun nggak demen). Toh waktu masih kerja, saya juga ngerjain itu semua karena nggak ada pembantu (kecuali masak, saya lebih sering beli). Cuma pas kerja, hidup jadi nggak monoton. Pagi kerja pake otak, pas di rumah kerja pake otot. Kalo IRT, sepanjang hari kerja pake otot terus!hehe. Lama-lama khawatir juga, jangan-jangan otak saya jadi tumpul gara-gara jarang dipake. Jangan-jangan kemampuan analisa saya hilang.

Diantara banyaknya rasa kehilangan, untungnya, saya nggak pernah ngerasa nyesel berhenti kerja karena kehilangan pendapatan. Dengan izin-Nya, rejeki tetep aja ngalir lancar.

***

Lalu.. semua berubah ketika anak saya lahir. The moment I held my baby, Kautsar, I had a complete change of heart. Saya jadi bersyukuuuur luar biasa diberikan kesempatan untuk jadi IRT. Menurut saya, posisi ini adalah suatu kemewahan. Kenapa? Seperti kata suami, saya jadi bisa mendidik dan melihat perkembangan Kautsar dari dekat. Saya merasa istimewa sekali, bisa menjadi orang pertama yang mengajarinya sesuatu. Banyak loh perempuan lain yang pingin kayak begini, tapi nggak bisa. Saya sering liat temen-temen yang masih kerja, tiap hari pasti pasang foto anaknya di sosial media. Statusnya selalu bilang kepingin cepet-cepet pulang kerja buat ngeliat si kecil. Ada juga temen saya di kantor dulu, kalau jam istirahat, wajib buka hp dan telepon anaknya. Terus kalo anaknya sakit, langsung kelabakan minta izin ke bos buat pulang. Nah.. saya nggak perlu begitu! Saya bisa liat anak saya 24 jam! Gimana saya nggak hidup dalam kemewahan, kan?

Sejak jadi IRT, saya juga jadi menemukan potensi di diri saya dan ada waktu untuk menjalankan projek kecil-kecilan sama suami (Lihat projek blog science education kami disini). Dulu mah boro-boro masak, boro-boro nulis, boro-boro baca. Alesannya nggak ada waktu buat ngelakuin itu semua itu semua karena saya kerja. Sekarang? No excuse lagi dong. Cooking, baking, semua di coba. Blog ini juga bagian dari usaha saya untuk belajar menulis dan bisa jadi IRT yang lebih produktif.

Selain itu, personally, saya juga ngerasain hal-hal positif lain menjadi IRT, terutama urusan make-up. Well. penting nggak penting sih ini. Tapi buat sebagian besar perempuan, make-up is a big deal! Banyak kan yang duit gajinya lari ke muka (Ngaku!). Kalo kerja (apalagi di bank), penting banget kayaknya make-up-an karena tuntutan pekerjaan. Belum lagi kalo nggak dandan, saya suka ngerasa jadi butiran debu setiap kali ngeliat temen di kantor yang kinclong-kinclong.. haha. Yang emak-emak seumuruan mama saya aja, ada yang kerawat banget dari ujung kepala sampe ujung kaki nya. Perfecto! Karena kebiasaan dandan dan pressure dari lingkungan, lama-lama saya jadi nggak pede kalo keluar rumah tanpa make-up.

Pas jadi IRT, saya jarang dandan. Paling cuma pakai skin care. Itu pun saya beli setelah membaca review berkali-kali, demi dapet produk yang bagus dengan harga terjangkau. Jadi saya nggak perlu beli skin-care banyak-banyak yang ujung-ujungnya cuma dipake dua minggu terus udah kegoda pake produk lain (hayo ngakuuu.. siapa yang suka begini?). Karena sering nggak dandan, lama-kelamaan, hal ajaib terjadi... Saya tetiba jadi pede lagi biarpun keluar rumah tanpa make-up.. Senangnyaaa. Bener deh... nggak dandan itu bikin saya ngerasa bebas. I'm glad I have a freedom to choose, I'm glad to feel confident, dan nggak dikomenin soal penampilan saya yang apa adanya.

***

Teruss.. sebenernya lebih enak mana, jadi IRT atau wanita karir?

Nggak ada yang lebih enak ya menurut saya, Dua-duanya ada tantangannya, Ada suka-duka nya. Dua-dua nya sering diberikan cap kurang baik oleh masyarakat. Kalo IRT suka di cap nggak berpendidikan, wanita karir sering di cap nggak peduli sama anak dan mentingin duit doang.

Kalo saya pribadi sih... karena masih punya anak kecil, maunya jadi IRT dulu. Masa kecil anak saya dan pendidikan untuknya nggak bisa diulang kan. Sedangkan karir saya masih bisa dikejar. Mumpung saya nikah muda, dan kalau, Insha Allah dikasih umur panjang, saya bisa melanjutkan karir ketika anak saya sudah mulai besar, belum terlalu terlambat! Ambisi saya masih ada, saya simpan :)

***

Segitu dulu sharing panjang dari saya ya mom... mudah-mudahan nggak menimbulkan permusuhan antara SAHM dan working mom.

Happy Parenting, mom!


You Might Also Like

11 comments

  1. Aku jg sama resign jadi IRT dan ngerasa ga punya temen haha hihi dan ngelakuin acara2 yg dilakukan di kntor yg menyenangkan..

    ReplyDelete
  2. Aku juga begitu. .
    Walau sedikit berdebat dengan orangtua ku, meninggalkan karier

    ReplyDelete
  3. Infonya menarik banget, thanks. Oiya, sebenarnya ibu rumah tangga juga bisa loh dapat penghasilan tambahan dengan cara mudah. Caranya lewat P2P Lending. Lebih lengkapnya bisa cek di sini: p2p lending untuk ibu rumah tangga

    ReplyDelete
  4. Bagaimana ya caranya biar ikhlas hati ini menerima keputusan suami memaksa berhenti dari wanita karir ke irt, saya saat ini bingung karna suami saya memaksa saya memabntu dia dalam bisnisnya berhenti dari wanita karir tolong dong kasih sarannya terima kasih

    ReplyDelete
  5. Saya juga disuruh berhenti kerja dari wanita karir dan bantu suami berbisnis tapi kenapa ya berat banget rasanya menerima nya bagaimana ya cara mengatasinya tolong dong sarannya

    ReplyDelete
  6. InsyaAlloh juli 2020 saya resmi jadi iRt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl saya juni 2020 ni, tinggal beberapa minggu lagi... semoga bisa bahagia juga jadi IRT... aamiinn

      Delete
    2. Sama mom.
      Saya juga akhir juni ini resmi jadi irt.
      Walaupun berat insya allah ini jalan yang tepat yg sudah direncanakan illahi

      Delete

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas