Kautsar, Ayah dan Ruang Belajar di Dua Selat

Sunday, June 24, 2018



Siluet pulau Lombok yang nampak dari kejauhan membuat saya semangat untuk bangkit dari tempat duduk dan bergerak keluar menuju geladak kapal ferry yang kami tumpangi. Tidak peduli dengan wajah yang lusuh dan angin kencang yang mengacak-acak jilbab, saya dan si kecil tetap mengabadikan peristiwa tersebut dengan sebuah jepretan gambar. Setelah perjalanan panjang dari Jakarta, akhirnya kami sampai di rumah baru, pulau Lombok.

***

Kautsar, anak saya, sangat akrab dengan pesawat terbang. Ia sudah mencoba moda transportasi ini sejak ia masih berbentuk embrio. Ketika baru menginjak usia empat bulan, ia bahkan sudah merasakan pengalaman naik pesawat pertamanya.

Lain hal nya dengan kapal ferry. Kendaraan besar ini hanya ia jumpai di buku kesayangannya. Maka ketika dari jauh-jauh hari saya beritahu kalau nanti, kami akan naik kapal ferry untuk menyusul Ayah yang sudah tinggal lebih dahulu di pulau Lombok, ia menjadi sangat antusias.

Kebahagiannya kala itu bisa dijelaskan oleh dua hal: bertemu ayah dan merasakan #AsyiknyaNaikFerry. Ia menjadi semakin tidak sabar untuk menunggu hari keberangkatan.

Pilihan Ekonomis dan Terpercaya Lintas Pulau

Jakarta-Lombok yang membentang lebih dari 1300 km membuat keluarga besar saya pada awalnya menyarankan untuk menghindari jalur darat dan laut. Bukankah akan lebih cepat jika saya dan Kautsar pindahan naik pesawat? Sedangkan mobil dan sebagian barang-barang yang tidak bisa masuk ke bagasi, bisa dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

Namun saya tetap mantap memilih kapal ferry. Berdasarkan kalkulasi bersama suami, ternyata biaya yang kami keluarkan hanya 10% dibandingkan dengan opsi pertama di atas. Semua perencanaan budget selama perjalanan dapat dengan mudah saya temukan di https://www.indonesiaferry.co.id yang merupakan laman resmi PT. ASDP Indonesia Ferry. Harga yang tercantum di tautan tersebut sangat akurat dan terpercaya, sesuai dengan harga yang saya keluarkan di loket pelabuhan.

Dengan biaya tersebut, saya sudah bisa membawa kendaraan pribadi roda empat, berbagai kebutuhan rumah tangga, pakaian, hingga buku-buku dan mainan Kautsar yang beratnya mencapai 50kg!

Semua bisa diangkut, tanpa limit bagasi seperti di maskapai penerbangan.

Bagasi padat, siap pindahan dari Jakarta ke Lombok!

Ruang Kelas di Dua Selat

Tak salah rasanya saya memilih kapal ferry. Karena bagi seorang anak kecil seperti Kautsar, berlayar dengan kapal ferry adalah sebuah pertunjukkan keajaiban. Semua yang ia lihat, sentuh dan dengar ketika berlayar dari Banyuwangi ke Gilimanuk dan Padang Bai ke Lembar, terasa baru bagi panca inderanya.

Tak pelak, kapal ferry yang kami tumpangi pun berubah menjadi ruang belajar terapung yang menaungi perjalanan kami mengarungi selat Bali dan selat Lombok.

Kelas dimulai saat kapal melepaskan jangkarnya, meninggalkan pulau Jawa menuju pulau dewata. Kelas yang ringkas dan singkat. Tapi dalam empat puluh menit yang berharga itu, sukses membuat Kautsar terkagum-kagum dengan hamparan air tanpa batas yang ia lihat sepanjang cakrawala.

Ia sibuk membandingkan volume air di lautan dengan yang ada di kolam renang mungilnya. Di lain waktu, ia terheran-heran karena sadar bahwa kapal besar yang ia tumpangi sukses mengapung di atas air.

“Kapalnya ndak tenggelam”. Katanya. Bukankah secara tak langsung ia tengah belajar tentang fisika sederhana?

Saya lantas teringat dengan pengalaman naik ferry pertama saya di masa kecil. Kala itu, saya menyaksikan beberapa penumpang sibuk melemparkan koin-koin ke laut. Anak-anak lokal dengan cekatan menyelam mengambil recehan tersebut. Otak kecil saya tak habis pikir, bagaimana mungkin koin mungil itu bisa tenggelam, sedangkan kapal raksasa ini baik-baik saja mengapung di samudra?

Credit: Aksi.id

Saat menyeberang ke pulau Lombok, ternyata Kautsar malah lebih semangat lagi. Perjalanan di laut ia habiskan untuk mendengarkan deburan ombak menghantam kapal. Matanya fokus melihat keduanya saling bertabrakan, tak henti-henti. Peristiwa tersebut kemudian menghasilkan buih-buih putih seperti sabun. Kontras dengan air laut yang berwarna biru tua.

“Kalau airnya berwarna biru tua seperti ini, artinya lautnya dalam”, kata saya memberikan fun fact tentang laut kepada Kautsar. “Kalau warnanya biru muda, berarti lautnya dangkal”.

Kautsar mendengarkan ocehan saya, namun matanya tetap memperhatikan berbagai hal yang ada di atas kapal. Mulai dari sekoci, pelampung keselamatan, hingga suara yang ditimbulkan oleh mesin kapal.

Ah, sayang Kautsar masih sekecil ini. Jika sudah lebih besar, tentu akan semakin banyak ilmu yang bisa ditemui dari atas kapal ferry. Hampir semua momen dapat orangtua manfaatkan untuk menfasilitasi anak belajar tentang semestanya.

Kita dapat mengajarkan anak tentang perbedaan selat, teluk dan tanjung yang kita jumpai selama perjalanan. Secara tak langsung anak tengah belajar istilah-istilah geografi! Atau ketika melihat deretan truk yang mengantri masuk ke dalam kapal, kita dapat sambil menjelaskan tentang rantai distribusi yang menyebabkan sebagian harga barang dan kebutuhan hidup masyarakat di luar pulau Jawa bisa lebih mahal.

Saat matahari terbenam di ufuk barat, kita bisa berdiskusi santai tentang rotasi bumi bersama si buah hati. Lalu bila kapal berlayar di malam hari, kita dapat menikmati gelapnya langit sambil mengajarkan anak ilmu astronomi dan menceritakan kepadanya tentang perbedaan rasi bintang utara dan selatan. Juga memberikan tips cara membedakan planet dan bintang dengan mata telanjang. Asyik sekali, kan?

Bridge the Nation

Jangkar diturunkan, kapal merapat. Saya dan Kautsar pun turun dari kapal dan menghirup udara pertama di pulau Lombok yang menjadi awal baru bagi kehidupan kami.

Saat kendaraan kami keluar menjauh dari kapal ferry, saya melihat tulisan “we bridge the nation” di bagian samping badan kapal. Saya pun segera mengamini setiap kata tersebut. Bagaimanapun saya telah menjadi saksi, bahwa slogan tersebut bukan sekadar jargon organisasi, namun sebuah komitmen yang senantiasa dirawat untuk menyatukan gugusan nusa di negara bahari ini.

Pada pengembaraan kali ini, kapal ferry betul-betul mampu menjadi titian perjalanan saya dan Kautsar untuk berkumpul kembali dengan suami-sekaligus ayah, yang menjadi pemimpin keluarga kecil kami.

***

Credit: PT. ASDP Indonesia Ferry

Kautsar terlihat berat hati berpisah dengan kapalnya, namun raut wajahnya kelihatan sumringah saat saya beritahu kalau Ayahnya sudah dekat. “Sebentar lagi kita ketemu Ayah, Nak”.

Sambil duduk di kursi mobil bagian tengah, ia memandang ke kaca bagian belakang sambil berucap “bye-bye kapal ferry, nanti kita ketemu lagi ya”.

Saya tersenyum menyaksikan tingkah laku polosnya. Dan berjanji kepada Kautsar untuk mengajaknya merasakan #AsyiknyaNaikFerry kembali di kemudian hari.

***

You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas